Home › Mengenal Algoritma Hummingbird Google

Mengenal Algoritma Hummingbird Google

Google Hummingbird adalah algoritma Google terbaru yang dibuat oleh Google dan diluncurkan pada tanggal 27 September 2013, atau bertepatan dengan ulang tahun Google yang ke 15.

Algoritma-Hummingbird-Google

Algoritma Hummingbird Google diklaim dapat berinteraksi dengan pengguna secara lebih manusiawi dan lebih bersahabat. Google mulai menggunakan Algoritma Hummingbird pada tanggal 30 Agustus 2013

Algoritma Hummingbird adalah upaya Google untuk mencocokkan makna query dengan dokumen di Internet, kata Amit Singhal, senior vice president dan software engineer di Google Inc. Dengan adanya update ini, search engine Google pun tak hanya bisa mengerti kata, melainkan juga mengerti arti kalimat. Dengan begitu, Google kini sedikit bisa lebih mengerti bahasa komunikasi manusia.

Secara teknis search Algoritma itu semacam kriteria-kriteria yang digunakan Google untuk menyeleksi informasi yang ada pada milyaran halaman website yang telah di-index Google. Hasil dari proses seleksi inilah yang kemudian dimunculkan di halaman hasil pencarian yang sering kita lihat. Dan Hummingbird search Algoritma adalah mesin baru Google untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Pergantian mesin baru sebelumnya juga pernah Google lakukan di tahun 2010, yang kita kenal dengan istilah 'Caffeine Update' dimana membawa pengaruh yang sangat signifikan pada hasil pencarian Google.

Yang Baru dari Algoritma Hummingbird Google

Algoritma Hummingbird Google merubah bagaimana Google mengolah sebuah pencarian dari sekedar susunan kata menjadi makna dari kata yang dituliskan ke dalam kotak pencarian. Teknologi pencarian yang disebut 'Conversational Search'.

Pihak Google secara gamblang menegaskan bahwa Hummingbird adalah mesin cerdas yang dirancang untuk memperhatikan setiap kata yang ditulis oleh pengguna mesin pencari dan secara cepat berusaha menafsirkan maksud dari seluruh kata-kata tersebut secara utuh.

Pengaruhnya Algoritma Hummingbird Google Terhadap SEO

Setiap terjadi perubahan pada algoritma Google umumnya ada yang berpendapat bahwa perubahan itu akan membunuh SEO. Namun pada kenyataanya tidak ada yang berubah dengan prinsip-prinsip SEO dan belum ada petunjuk resmi yang baru dari Google tentang cara optimasi website agar menjadi search engine friendly. Inti permasalahan masih sama, yang Google inginkan sebenarnya adalah konten berkualitas.

0 comments:

Post a Comment

PlusFollowers

Random Post

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS